PERKEMBANGAN NASIONALISME DI ASIA DAN AFRIKA

Setelah mempelajari kegiatan ini diharapkan Anda dapat menjelaskan perkembangan nasionalisme di Asia dan Afrika yang berpengaruh terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia.
Munculnya rasa nasionalisme pada bangsa Asia dan Afrika tersebut, tidak lain disebabkan oleh tekanan dari penjajahan (bangsa Barat) terhadap bangsa Asia dan Afrika. Dengan demikian timbul dorongan yang kuat di kalangan rakyat Asia dan Afrika untuk keluar dari tekanan tersebut.
Perlawanan bangsa-bangsa Asia dan Afrika terhadap kaum penjajah dilakukan dengan kekuatan senjata, tetapi ada pula yang dilakukan dengan kekuatan politik. Selain itu perlawanan juga dilakukan dengan cara mengadaptasi ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Eropa. Dengan cara-cara tersebut bangsa Asia dan Afrika bangkit melawan bangsa-bangsa yang menjajahnya.
Terdapat empat ciri nasionalisme Asia yaitu:
1.      Merupakan sarana untuk menumbuhkan semangat perlawanan terhadap dominasi imperialisme Barat.
2.      Menjadi peletak dasar bagi terciptanya perubhan masyarakat Asia terutama perubahan dalam cara pandang.
3.      Pemimpin Intelektual yang memperoleh pengaruh positif dari pendidikan Barat berusaha menumbuhkan semangat pembaharuan. Caranya mengadapsi sisi positifnya seperti berfikir kritis, komitmen pada kewajiban IP dan Industrialisasi.
4.       Pemimpin dan pengikutnya lebih melihat masa depan dibandingkan masa lalu.